Fajar Jati Nugroho


SELALU BERKEMBANG DARI TAHUN KE TAHUN



Kamis, 14 April 2016

{TUGAS 3} 7 April 2016

SOAL ESSAY MATA KULIAH SISTEM KEAMANAN KOMPUTER

SOAL ESSAY
1. Sebutkan empat (4) jenis keamanan jaringan!
2. Sebutkan 4 contoh serangan pada keamanan yang bersifat fisik!
3. Apa yang dimaksud dengan social engineer?
4. Apa yang dimaksud dengan interception!
5. Apakah hacker itu?
6. Apa tujuan hacker pada keamanan jaringan kita?

JAWABANNYA


1. Jenis keamanan jaringan!
Confidentiality Mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.

Integrity mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.

Availability mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.

Authentication mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.

2. Serangan pada keamanan yang bersifat fisik
Bencana, contohnya kebakaran, banjir, gempa bumi, perang, kerusuhan, tikus, dll.

Kesalahan perangkat keras dan perangkat lunak, contohnya ketidak berfungsinya pemroses, disk / tape yang tidak terbaca, kesalahan komunikasi, kesalahan program / bugs.

Kesalahan / kelalaian manusia, contohnya kesalahan pemasukkan data, memasang tape / disk yang salah, kehilangan disk / tape.

Penyusup / intruder ,dibedakan menjadi 2 yaitu Penyusup pasif, yaitu yang membaca data yang tidak terotorisasi dan Penyusup aktif, yaitu mengubah data yang tidak terotorisasi.

3. Social engineer adalah pemerolehan informasi yang bersifat rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet. Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu.

4. Interception adalah Suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses pada suatu aset. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang, program, atau sistem yang lain. Contohnya adalah penyadapan terhadap data dalam suatu jaringan.

5. Hacker adalah kegiatan memasuki sistem melalui sistem operasional yg lain,yg dijalankan oleh Hacker. Ada berbagai macam system,misalnya web, server, net-working, software dll, atau juga kombinasi dari beberapa sistem tsb. Tujuanya untuk mencari hole/bugs pada system yg dimasuki. Dalam arti lain mencari titik keamanan sistem tersebut. Bila hacker berhasil masuk pada sistem itu,maka hacker tidak merusak data yang ada.

6. Tujuan hacker pada keamanan jaringan kita untuk mencari hole/bugs pada sistem yg dimasuki. Dalam arti lain mencari titik keamanan sistem itu. Bila hacker berhasil masuk pada sistem itu, maka hacker tidak merusak data yg ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar